Langsung ke konten utama

Investasi saham solusi investasi rakyat Indonesia

Investasi saham sebagai solusi investasi masa depan
Investasi Saham Untuk Masa Depan
Artikel ini "investasi saham sebagai solusi investasi masa depan" saya tulis sebagai jawaban dari beberapa teman saya yang bekerja ditambang batubara, bekerja di alat berat, bekerja di PT.PAMA PERSADA NUSANTARA dan yang bekerja di PT. UNITED TRACTORS.

Sebenarnya masih banyak lagi teman-teman saya yang bertanya dari berbagai latar belakang tetapi saya tidak bisa menyebutkan satu persatu karena akan sangat panjang artikelnya.

Cara Investasi Saham Untuk Investor Pemula

Investasi saham untuk masa depan sangat penting dilakukan karena banyak manfaat yang bisa diperoleh dari investasi saham dan juga cara membeli saham pun cukup mudah.

Saham bisa dibeli dengan cara sedikit demi sedikit, ada juga yang menyebutnya Nabung Saham.

Karena pembelian saham dilakukan setiap bulan, dimana dana tersebut diperoleh dengan cara menyisihkan sebagian kecil uang gaji untuk dibelikan saham. Untuk investor pemula, investor yang memiliki gaji kecil dan mahasiswa/pelajar yang mulai belajar di dunia saham biasanya menggunakan cara ini.

Investasi saham memiliki imbal hasil yang tak terbatas jika Anda tekun dan mau belajar caranya. Investasi saham juga memiliki resiko yang cukup besar jika Anda menjual dan membeli dengan asal-asalan.

Kesalahan tersebut sering menimpa para investor pemula, walaupun sudah tau resikonya tetap saja dilakukan karena tidak dapat mengendalikan nafsunya. Psikologis belum stabil dan mudah terbawa suasana pasar saham.

Keuntungan Memiliki Investasi Saham Indonesia

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dari investasi saham:

  1. CAPITAL GAIN artinya Anda bisa mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual saham yang lebih mahal dari harga beli. Misalnya Anda membeli di harga 500 dan menjualnya diharga 700 atau 1000.
  2. DEVIDEN adalah keuntungan yang diberikan perusahaan kepada para pemilik saham dengan presentase sesuai jumlah kepemilikan saham. Jika saham Anda sedikit Anda dapat sedikit dan jika saham Anda banyak Anda juga akan mendapatkan banyak deviden. Waktu pembagian deviden bermacam-macam, ada yang membagikan setahun sekali, ada yang membagikan setahun dua kali dan ada juga yang tidak membagikan deviden karena deviden digunakan untuk memperbesar perusahaan.
  3. HAK SUARA RUPS, sebagai pemilik saham dari perusahaan yang bersangkutan Anda berhak untuk memberikan suara Anda ketika RUPS(Rapat Umum Pemegang Saham) dilakukan dengan kekuatan suara sesuai jumlah saham yang dimiliki. 

Keuntungan Investasi Saham Zaman Sekarang


Selain keuntungan diatas ada lagi keuntungan yang bisa diperoleh saat membeli saham zaman sekarang dibandingkan zaman sebelumnya yaitu:

1. Harga Saham Lebih Murah

  •  Jumlah pembelian minimal saham pada zaman dahulu adalah 1 lot atau 500 lembar, sedangkan sekarang 1 lot =100 lembar. Jauh lebih murahkan!
  •  Setoran Awal atau modal investasi yang harus disetorkan ke broker sudah cukup murah mulai 1 juta rupiah sudah bisa digunakan untuk membeli saham. Bahkan pada beberapa broker tertentu dengan modal awal 100 ribu rupiah sudah bisa digunakan untuk membeli saham seperti di Danareksa Sekuritas.


Baca juga Cara Mudah Daftar menjadi Anggota DANAREKSA Sekuritas(artikel dalam daftar pembuatan)

2. Membeli Saham Lebih Cepat dan Praktis

  •  Membeli saham pada zaman sekarang jauh lebih mudah dilakukan karena membeli saham pada zaman sekarang bisa dilakukan secara online. Bayangkan Investor pada zaman dahulu, jika ingin membeli saham harus telpon dulu ke Broker saham dan menjelaskan maksudnya ingin membeli saham PT apa, Berapa Lot yang akan dibeli dan diharga berapa mau beli. 


Ribet??? Jelas....

Dan mungkin masih ada lagi pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pihak broker tetapi kurang lebih seperti itulah gambaran Investor yang membeli saham pada zaman dahulu.


  •  Bisa memantau harga saham secara real time dengan fasilitas online trading. Mungkin bagi pemula masih bingung dengan kata online trading karena belum praktek. Tetapi percayalah! Dengan kemauan KERAS Anda untuk tetap belajar dan memahami tentang dunia saham, istilah tersebut maupun yang lainnya akan mudah Anda pahami.


3. Lebih Mudah Belajar Saham

  • Investor pada zaman sekarang memiliki banyak kemudahan seperti banyaknya tempat belajar saham yang bertebaran. Baik yang online maupun offline...
  • Di Online para Investor bisa menemukan dengan mudah informasi-informasi mengenai pasar modal, harga saham, profil perusahaan dan masih banyak lagi. Tetapi kemudahan ini juga bisa menjadi kendala untuk Anda karena orang yang mendapatkan informasi terlalu banyak memiliki kecenderungan untuk sedikit melakukan tindakan(Action). Jadi tidak akan ada perubahan yang terjadi tanpa Action.
  • Di Offline para Investor bisa belajar langsung di kantor broker saham yang mereka gunakan. Karena broker-broker saham sekarang lebih banyak melakukan training dan seminar dikantor mereka, ada yang GRATIS.... Dan ada juga yang berbayar. Selain di kantor broker Investor Pemula juga bisa belajar kepada para investor expert yang memiliki website pribadi dan mereka membagikan banyak ilmunya secara gratis dan ada juga yang berbayar.


Dan masih banyak lagi keuntungan yang bisa Anda peroleh dari Investasi saham sebagai solusi investasi masa depan.


Investasi Saham Rakyat Indonesia

Investasi saham rakyat indonesia
Rakyat Indonesia harus menjadi Investor di Negeri sendiri
Investasi saham selain bermanfaat untuk Anda secara pribadi juga bisa bermanfaat untuk negara kita tercinta ini, Indonesia. Investasi saham memang kelihatan sangat sepele tetapi tahukah Anda, Apa yang terjadi jika perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia ini diberi modal oleh kita?

1. Keuntungan yang diperoleh perusahaan akan masuk kepada masyarakat negara ini yaitu investor perusahaan tersebut.

2. Banyak lapangan kerja yang akan terbuka karena perusahaan memiliki dana untuk memperluas usahanya. Secara tidak langsung Anda ikut mengurangi pengangguran di negeri ini.

3. Sumber daya alam yang kita miliki bisa segera diolah dan dikelola sendiri karena semakin banyak perusahaan yang bersaing untuk menemukan cara yang terbaik untuk mengolah SDA Indonesia.

Dari 3 hal diatas saja apabila bisa terwujud saya sangat senang karena saya sangat miris melihat pasar modal saat ini. Walaupun mengalami perbaikan setiap tahun yang terus menerus membaik tetap saja, saya masih sedih melihat negeri ini.

Bagaimana tidak, perusahaan yang ada di Indonesia sebagian besar modalnya dimiliki oleh bangsa asing. Orang kita yang bekerja, sumber daya alam kita yang diolah tetapi begitu mendapatkan untung mereka juga mendapat bagian yang cukup besar. Dana yang begitu besar harus kita relakan untuk pergi dari negeri ini.

Bayangkan jika dana tersebut tetap dimiliki oleh Investor dalam negeri, dana yang diperoleh investor tersebut juga tetap akan berputar didalam negeri dan menggerakkan perekonomian Indonesia.

Masalah dana bukan menjadi hal yang utama tetapi karena mereka memiliki suara dalam RUPS untuk ikut andil dalam mengambil keputusan di perusahaan. Dan keputusan tersebut sedikit banyak akan berpengaruh kepada bangsa ini, entah keputusan itu baik untuk bangsa ini maupun sebaliknya. Semoga keputusan yang terbaik yang selalu mereka ambil.

Bukan maksud saya untuk tidak suka dengan pemodal atau investor asing tetapi inilah yang terjadi di negeri ini. Saya tidak mempermasalahkan jika orang asing bekerja di negeri ini tetapi jika mereka menjadi Investor, sungguh sangat sayang dana yang begitu besar harus dibawa keluar negeri.

Karyawan yang bekerja hanya mendapatkan fasilitas dan gaji, bisa jadi gaji mereka kurang dan bisa jadi para karyawan itu adalah tetangga Anda, teman Anda, saudara Anda bahkan orang tua Anda.

Oleh karena itu, melalui tulisan ini saya mengajak Anda semua untuk giat menabung saham, MULAI DARI SEKARANG!

BEKERJA UNTUK NEGRIMU, BANTU SAUDARAMU, BANTU PERUSAHAAN-PERUSAHAAN DI INDONESIA DIMILIKI OLEH RAKYAT INDONESIA SECARA UTUH.

AYO BERINVESTASI SAHAM UNTUK KEJAYAAN BANGSA INDONESIA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Para Pelaku Pasar Modal di Indonesia, Nomor 2 Jadi Idaman

Para pelaku pasar modal di Indonesia Pasar modal atau lebih dikenal dengan pasar saham adalah tempat bertemunya para pelaku pasar modal yaitu emiten, penjamin emisi efek, Investor, lembaga penunjang pasar modal, profesi penunjang pasar modal dan OJK(dulu Bapepam). Untuk lebih jelasnya tentang fungsi masing-masing para pelaku pasar, berikut adalah keterangannya: Emiten Emiten adalah perusahaan yang mengeluarkan emisi atau melakukan penawaran umum saham yang dimiliki untuk dibeli Investor. Investor Investor adalah orang yang menanamkan modalnya kepada perusahaan, bisa juga disebut pemodal. Selain perorangan, saham suatu perusahaan juga bisa dibeli oleh perusahaan lain. Baik perusahaan lokal, perusahaan nasional maupun perusahaan asing bisa membeli saham perusahaan di indonesia. Penjamin Emisi Efek(Underwriter) Pihak yang membuat kontrak bisnis dengan emiten untuk kemudian menawarkan saham emiten tersebut kepada publik, dengan atau tanpa memiliki kewajiban untuk membeli

Riset Pemasaran di Jakarta | Market Research Analyst

Kunjungi http://konsultanmanajemen-gsm.com Riset Pemasaran di Jakarta | Market Research Analyst

Riset Pemasaran Bekasi | Perusahaan Jasa Riset Pasar

Riset Pemasaran Bekasi | Perusahaan Jasa Riset Pasar Kunjungi  http://surveycenter.co.id/landing/