Langsung ke konten utama

Peran Konsultan Kelayakan Usaha untuk Bisnis Anda - Feasibility Study

Konsultan memiliki banyak peran untuk bisnis yang akan kita jalankan maupun yang sudah kita jalankan. Peran konsultan penting untuk kelancaran bisnis kita dimasa depan.

Mereka bisa melakukan Feasibility Study atau Studi Kelayakan. Semua komponen dalam usaha yang kita miliki bisa dinilai kelayakannya mulai dari Manajemen Organisasi, Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia(SDM), Marketing dan Akuntansi.

Pengertian Feasibility Study Secara Lebih Mendalam

Sebelum kita mengetahui lebih dalam tentang peran Konsultan Feasibility untuk bisnis kita, kita pelajari dahulu pengertian Feasibility Study secara lebih mendalam. Feasibility Study adalah analisa yang dilakukan untuk mengetahui kelangsungan hidup suatu ide.

Oleh karena itu pentingnya Feasibility Study adalah untuk mengetahui lebih dini tentang sebuah ide bisa bekerja sesuai harapan atau tidak. Jika kita tahu lebih awal maka kita bisa melakukan pencegahan untuk tidak meneruskan ide tersebut karena akan menyebabkan kerugian waktu, uang dan tenaga yang akan sia-sia.

Feasibility Study berbeda dengan Business Plan, namun terkadang ada yang menganggapnya sama. Feasibility Study berfungsi sebagai investigasi sedangkan bisnis plan lebih kepada perencanaan yang berupa langkah-langkah yang dibutuhkan untuk mewujudkan sebuah proposal dari ide hingga menjadi proyek.

Peran Konsultan Feasibility Study

Peran konsultan Feasibility Study untuk kesuksesan suatu projek sangat penting. Mereka dibutuhkan untuk menganalisa mengenai kemampuan penyelesaian proyek yang akan kita kerjakan sesuai dengan pertimbangan keuangan, hukum, penjadwalan, teknologi dan faktor lainnya.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah manager projek menganalisa dan menyelidiki hasil positif atau negatif dari sebuah projek sebelum melakukan investasi.

Untuk lebih mempermudah pemahaman kita terhadap peran konsultan Feasibility Study, maka saya akan berikan contoh sederhananya.

Contoh ada sebuah hotel yang akan melakukan perluasan untuk menambah kapasitas pengunjung supaya bisa menampung lebih banyak pengunjung. Sebagai penentu tindak lanjut projek ini maka akan dilakukan Studi Kelayakan.

Dari Studi kelayakan itu akan diketahui biaya untuk ekspansi(perluasan), gangguan yang akan terjadi selama ekspansi, respon pasar terhadap ekspansi, hukum lokal dan lain sebagainya. Dari data-data yang kita kumpulkan tersebut, kita dapat melakukan pemetaan untuk menentukan kelayakan dari kegiatan yang akan kita lakukan.

Studi kelayakan tersebut juga bisa memberikan informasi berapa bunga investasi dan berapa lama modal kita akan kembali. Selain itu kita juga bisa tahu kondisi pesaing dan lingkungan sehingga kita tahu gambaran besarnya seperti apa.

Berdasarkan contoh diatas kita semakin tahu pentingnya peran konsultan feasibility Study untuk bisnis yaitu melakukan pemetaan suatu projek dengan akurasi tinggi sehingga hasilnya bisa lebih bagus dan sesuai.

Semakin tinggi pengalaman konsultan Feasibility maka akan semakin kecil deviasi yang terjadi. Konsultan senior punya pengalaman yang lebih banyak sehingga hasilnya bisa mendekati akurat bahkan ada yang hasilnya sangat akurat.

Oleh karena itu pilihlah Konsultan Feasibility yang terpercaya dan sudah terbukti menangani banyak projek. Sebagai referensi berikut ini saya berikan alamat website dari salah satu konsultan yang ada di DKI Jakarta.

Silakan klik alamat website www,grapadikonsultan.co.id atau www.grapadikonsultan.com 

Semoga sedikit sharing dari saya tentang Peran Konsultan Kelayakan Usaha untuk Bisnis Anda bisa bermanfaat. Terima kasih:)

Sahrul Munir Asia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Para Pelaku Pasar Modal di Indonesia, Nomor 2 Jadi Idaman

Para pelaku pasar modal di Indonesia Pasar modal atau lebih dikenal dengan pasar saham adalah tempat bertemunya para pelaku pasar modal yaitu emiten, penjamin emisi efek, Investor, lembaga penunjang pasar modal, profesi penunjang pasar modal dan OJK(dulu Bapepam). Untuk lebih jelasnya tentang fungsi masing-masing para pelaku pasar, berikut adalah keterangannya: Emiten Emiten adalah perusahaan yang mengeluarkan emisi atau melakukan penawaran umum saham yang dimiliki untuk dibeli Investor. Investor Investor adalah orang yang menanamkan modalnya kepada perusahaan, bisa juga disebut pemodal. Selain perorangan, saham suatu perusahaan juga bisa dibeli oleh perusahaan lain. Baik perusahaan lokal, perusahaan nasional maupun perusahaan asing bisa membeli saham perusahaan di indonesia. Penjamin Emisi Efek(Underwriter) Pihak yang membuat kontrak bisnis dengan emiten untuk kemudian menawarkan saham emiten tersebut kepada publik, dengan atau tanpa memiliki kewajiban untuk membeli

Riset Pemasaran di Jakarta | Market Research Analyst

Kunjungi http://konsultanmanajemen-gsm.com Riset Pemasaran di Jakarta | Market Research Analyst

Riset Pemasaran Bekasi | Perusahaan Jasa Riset Pasar

Riset Pemasaran Bekasi | Perusahaan Jasa Riset Pasar Kunjungi  http://surveycenter.co.id/landing/